Mikel Arteta Menolak Melatih PSG

Bolaarena.com – Pencarian pelatih baru PSG terus berlanjut hingga kini dengan beberapa kandidat yang muncul. Kali ini yang menjadi incaran Les Parisiens adalah Mikel Arteta yang merupakan pelatih Arsenal. Kemampuan serta karakter sang pelatih dianggap cocok sebagai pengganti Christophe Galtier.

Mikel Arteta berhasil membawa The Gunners bangkit di musim ini dan bahkan nyaris menjuarai Liga. Sang pelatih juga membuat klubnya itu berpartisipasi di Liga Champions setelah absen cukup lama. Ditengah isu ketertarikan Les Parisiens, Arteta akhirnya memberikan respon atas berita tersebut.

PSG Ingin Rekrut Mikel Arteta

Les Parisiens secara resmi memecat Christophe Galtier dari kursi kepelatihan pada akhir musim kemarin. Menjelang dimulainya musim baru, klub harus segera mencari pelatih pengganti yang memiliki kemampuan hebat dalam melatih. Pasalnya target yang dipasang sangatlah besar yaitu menjuarai Liga Champions.

Sebelumnya, Julian Nagelsmann digadang-gadang akan menjadi pelatih baru di Parc de Princes. Bahkan kabarnya negosiasi sudah berjalan di tahap akhir termasuk juga mengenai siapa asisten dari mantan pelatih Bayern Munchen itu. Namun baru-baru ini terdengar kabar jika negosiasi itu gagal lantaran ada beberapa hal yang tidak disepakati oleh kedua belah pihak.

Les Parisiens kemudian bergerak kembali untuk menemukan kandidat baru yang tepat sebagai pengganti Galtier. Kali ini pilihan klub tersebut jatuh kepada Mikel Arteta yang saat ini melatih Arsenal. Kinerja pelatih tersebut selama satu musim kemarin sangat mengesankan meskipun gagal meraih gelar juara.

Mikel Arteta melatih The Gunners sejak tahun 2019 lalu, namun sudah membawa perubahan besar untuk klub London itu. Hal tersebut terlihat dari performa Arsenal yang sangat bagus di sepanjang musim kemarin. Bahkan hampir saja gelar Liga diperoleh oleh klub tersebut jika tidak dikacaukan oleh Manchester City.

Meskipun gagal meraih gelar, klub-klub besar Eropa langsung menyadari potensi Arteta sebagai pelatih hebat di masa depan. Selain itu, diketahui jika pelatih berusia 41 tahun tersebut pernah menjadi anak didik Pep Guardiola. Alasan itulah yang membuat PSG menganggap Arteta sebagai kandidat tepat untuk menjadi pelatih klub.

Rupanya, ketertarikan Les Parisiens pada pelatih Arsenal itu bukanlah rumor belaka. Pasalnya Luis Campos dikabarkan sudah menemui sang pelatih dan membujuknya agar bersedia pindah. Selain itu, PSG juga menjamin jika Arteta akan masuk dalam rencana jangka panjang klub.

Menolak Melatih PSG

Ditengah rumor yang beredar mengenai ketertarikan PSG padanya, Mikel Arteta akhirnya angkat bicara. Secara tegas sang pelatih mengatakan jika dirinya masih sangat betah di Emirates Stadium. Karena hal itulah pelatih berusia 41 tahun itu menolak untuk pindah ke klub manapun termasuk PSG.

Selain itu, Arteta merasa dirinya sangat dicintai suporter yang berada di Emirates Stadium. Sang pelatih juga merasa dihargai dan didukung penuh oleh pemilik klub. Arteta juga merasa jika masih banyak yang harus dirinya lakukan untuk Arsenal di masa depan.

Salah satu yang ingin dipersembahkan oleh Mikel Arteta adalah gelar juara baik di kompetisi lokal maupun Eropa. Seperti yang diketahui, terakhir kali The Gunners menjuarai Liga Inggris di musim 2003-2004 lalu. Hingga saat ini, gelar tersebut belum berhasil diraih kembali.

Meskipun begitu, Arteta sebenarnya sudah mempersembahkan 2 trofi untuk Arsenal yaitu Piala FA dan Community Shield di tahun 2020. Sang pelatih juga hampir mempersembahkan juara Liga Inggris musim 2022-2023. Sayang sekali peluang tersebut hilang lantaran menurunnya performa di akhir musim dan gangguan dari Manchester City.

Proyek Mikel Arteta

Musim lalu, Arteta berhasil membuat Arsenal finish di posisi 2 klasemen akhir Liga Inggris. Sang pelatih juga berhasil membuat The Gunners kembali ke Liga Champions setelah absen cukup lama. Demi bisa kembali kompetitif, persiapan harus dilakukan dengan matang.

Proyek Mikel Arteta bersama Arsenal dipastikan berlanjut setelah sang pelatih menyatakan kesetiaannya pada klub tersebut. Bursa transfer musim panas ini, beberapa pemain telah dikaitkan dengan klub London Utara itu. Kai Havertz, Moises Caicedo, Declan Rice dan Jurrien Timber adalah empat pemain yang saat ini diincar oleh Arsenal.

Kabarnya, Arsenal menyediakan dana sebesar 200 juta Pound untuk belanja di bursa transfer kali ini. Hal tersebut dikarenakan klub itu akan berlaga di Liga Champions musim depan. Perbaikan harus dilakukan agar klub bisa bersaing di musim depan terutama di kancah Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *