Gabung Barcelona, Apa yang Bisa Ditawarkan Gundogan Untuk Skuad Xavi?

Bolaarena.com – Barcelona menjadi jawaban atas teka-teki masa depan Ilkay Gundogan yang kontraknya selesai dengan Manchester City. Memang benar, Gundogan tidak lagi muda. Lantas, apa yang akan ia tawarkan kepada skuad asuhan Xavi tatkala ia merumput nanti?

Akhir Misterius di Manchester

Manchester City berhasil menjuarai Liga Champions, seiring meraih treble winners dengan memenangi tiga kompetisi berbeda. Adalah kedalaman skuad luar biasa yang menjadi kunci The Citizen melakukan hal ini. Tentu dengan bantuan kepiawaian Pep Guardiola dalam meramu taktik.

Ada sederet pemain bintang yang turut andil membawa City juarai Liga Champions, beserta mengantar tim ini meraih treble. Ilkay Gundogan termasuk salah satu pemain itu. Gundogan merupakan kapten tim, dan bermain secara reguler musim ini, untuk mengantar City meraih treble.

Sayangnya, kebersamaan Gundogan bersama City berakhir pada penghujung musim, seiring kontrak sang pemain yang kedaluwarsa. Sudah sejak sebelum musim berakhir, masa depan Gundogan dipertanyakan. Klub masa depan pemain asal Jerman itu juga masih menjadi misteri.

Pernyataan sang pemain manakala ditanya masa depannya jelang final Piala FA pun membuat masa depannya kian misterius. Katanya, belum ada apapun yang diputuskan terkait masa depannya di Etihad Stadium. Membuat banyak orang berspekulasi kemana ia akan pergi.

Barcelona Selalu Prioritas

Misteri itu bagaimanapun akhirnya terkuak. Diam-diam, Gundogan merapat ke Barcelona, klub yang menjadi kampiun La Liga musim lalu. Fabrizio Romano yang mengonfirmasi kabar ini, dengan mengungkapkan secara detail seperti apa kesepakatan transfernya.

Meski terkesan agak ‘diam-diam’, Barcelona rupanya sudah mengincar kesepakatan transfer Gundogan sejak musim panas 2022. Ada beberapa rintangan yang harus dihadapi Barcelona saat itu. Termasuk situasi sang pemain yang masih terikat kontrak di Manchester City.

Sekarang, dengan kontrak yang sudah berakhir, Barcelona leluasa melancarkan tawaran personal kepada Gundogan, yang ternyata langsung disepakati. Kontrak dua tahun telah disodorkan, dengan opsi perpanjangan selama satu tahun berikutnya.

Manchester City tentu bukan tanpa upaya dalam mempertahankan Gundogan yang merupakan kapten dan kontributor penting tim. Mereka diketahui sudah menyodorkan perpanjangan kontrak. Bebarengan dengan Arsenal dan Mikel Arteta yang ketahuan menaruh minat pada eks Borussia Dortmund.

Tapi, prioritas utama Gundogan, disebut Romano, tetaplah Barcelona. Ia belum memberi isyarat apapun, atau bahkan jawaban apapun sebelum musim berakhir. Mungkin karena takut akan memecah konsentrasinya. Tapi sekarang, jawabannya sudah pasti, Gundogan akan merapat ke Camp Nou.

Apa yang Ditawarkan Gundogan?

Adalah sesuatu yang agak janggal melihat Barcelona menginginkan Gundogan, melihat kedalaman skuad di sektor gelandang. Namun, bukan sesuatu yang salah apabila Xavi menginginkan seorang yang berpengalaman untuk memandu anak didiknya.

Akan menarik melihat apa yang bisa ditawarkan Gundogan kepada Xavi, terlebih melihat sektor gelandang sudah banyak opsi. Xavi sendiri musim lalu mengandalkan trio Gavi, De Jong dan Pedri. Ditambah Franck Kessie yang makin memperbanyak variasi opsi.

Gundogan barangkali diplot untuk menggantikan Sergio Busquets, tetapi kehadirannya berarti Xavi harus mengorbankan satu gelandang mudanya. Entah itu De Jong, Pedri atau Gavi. Salah satunya harus dicadangkan demi memberi ruang untuk Gundogan.

Apabila trio ini dipertahankan, opsi terbaik adalah memainkan Gavi sebagai penyerang sayap kiri, yang berarti keluar dari posisi aslinya. Gundogan bisa berduet dengan Pedri sebagai gelandang kanan dan kiri. Sementara De Jong bermain sebagai gelandang jangkar, selayaknya Busquets musim lalu.

Kemampuan bukan satu-satunya hal yang bisa ditawarkan Gundogan, melainkan juga visi dan pengalaman. Perhatikan saja skuad Barcelona saat ini. Mayoritas dari mereka adalah pemain muda yang belum kenyang pengalaman. Gundogan hadir sebagai jenderal baru, pasca kehilangan Busquets yang habis kontrak.

Baru Permulaan

Pasca kedatangan Gundogan, Barcelona sendiri masih punya satu target, mengamankan Vitor Roque dari Atletico Paranaense. Beda dari klub rivalnya Real Madrid yang menyebut diri mereka sudah selesai belanja, Barcelona baru memulai aktivitasnya.

Mateu Alemany sebagai direktur olahraga Barcelona telah bekerja keras dan berekspektasi berhasil menyelesaikan semua transfer yang ia inginkan. Ia senang dengan keberhasilan transfer Gundogan. Tetapi menyeru “Ini baru saja dimulai,” pasca transfer rampung, seperti dikutip Fabrizio Romano.

Tidak ada keterangan pasti apa maksud Alemany, tetapi ini mengindikasikan sesuatu yang mengejutkan bakal terjadi. Benar, Gundogan adalah permulaan, dengan Vitor Roque akan menyusul ke Camp Nou, serta kemungkinan nama-nama lain seiring waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *